Kamis, 14 Januari 2010

Opini

BELAJAR DARI ALAM

Pemuda-pemudi indonesia sebenarnya bisa membantu negeri ini bangkit dari keterpurukannya. banyak hal yang bisa dilakukan, sekecil apapun itu. kuncinya hanya satu, memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap negaranya.

tidak usah muluk-muluk, ambil saja contoh dari bencana alam yang terjadi di tanah air sepanjang tahun 2009. para sarjana-sarjana/insinyur lulusan perguruan tinggi yang memiliki kesempatan menimba ilmu selama kurang lebih empat tahun, mengapa tidak mencoba mengamalkan ilmunya? mengapa tidak terpikir di benak mereka bagaimana cara menciptakan alat yang dapat digunakan untuk memudahkan evakuasi korban bencana alam dari reruntuhan? kita tahu, selama ini evakuasi korban bencana alam masih dilakukan dengan cara manual. dan itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menemukan korban-korban lain yang mungkin saja masih ada di bawah reruntuhan bangunan, pohon-pohon besar, atau benda-benda lainnya.
sarjana ekonomi, mengapa tidak terpikir untuk membuat cara atau metode baru dalam menciptakan lapangan kerja, membangun kembali usaha yang telah porak poranda-karena bencana alam-dari awal lagi, mengumpulkan penduduk untuk dilatih membuat karya seperti suatu kerajinan tangan yang hasilnya nanti disalurkan ke daerah lain untuk dijual sehingga di kemudian hari, kegiatan ini bisa saja berubah menjadi mata pencaharian penduduk. tidak selamanya bantuan dari para donatur mengalir terus-menerus. penduduk yang selamat dari bencana alam, tetap harus melanjutkan hidup mereka. lalu bagaimana mungkin mereka melakukan itu semua jika mereka tidak bekerja? nah, di sinilah peran kaum terpelajar sangat dibutuhkan.
sarjana arsitektur, mengapa tidak mencoba mendesign bentuk rumah yang aman untuk kondisi daratan indonesia yang memang beresiko tinggi terkena gempa dikarenakan letaknya yang berada tepat pada tiga lempengan benua yang saling bertimbukan.
sarjana IT, sarjana ilmu sosial, seniman muda, sarjana matematika, dan sarjana-sarjana lain di bidangnya masing-masing seharusnya bisa mendedikasikan diri untuk kemajuan negeri ini.
apapun oeran kita, jika itu bisa memberi kontribusi yang baik untuk orang-orang di sekeliling kita-terutama yang untuk orang-orang yang membutuhkan-lakukanlah itu!!!
pemerintah tidak bisa membangun negeri ini 'sendirian'. mereka membutuhkan kita-pemuda pemudi indonesia-yang peka terhadap kondisi negaranya. negeri kita tercinta, indonesia.


By: Leekha

Tidak ada komentar: